Jumat, 23 April 2010

7 Sayuran dan Buah yang Bikin Awet Muda

Odilia Winneke – detikFood

Kabar gembira buat mereka yang gemar buah dan sayuran. Konsumsi buah dan sayuran segar ternyata membuat  tubuh lebih segar dan awert muda. Buah dan sayuran apa saja yang perlu dikonsumsi? Temukan jawabannya di sini!
Jika Anda ingin terlihat muda, segar, dengan kulit bersih dan menawan, mulailah dari sini. Inilah tujuh jenis buah dan sayur yang perlu Anda konsumsi secara teratur agar awet muda dan berdaya tahan tubuh prima.

lettuce Romaine Lettuce:
Enam lembar romaine lettuce memberi pasokan lebih dari 100 % dari kebutuhan vitamin A per hari yang bisa menyegarkan kulit dan mengganti sel-sel yang rusak. “Mineral potassium dalam romaine lettuce memberikan penyegaran pada kulit dan membantu sirkulasi”, demikian Lisa Drayer, R.D, pengarah 'The Beauty Diet'. Keuntungan yang lain, dengan jumlah yang sama romaine lettuce memberi 45% kebutuhan vitamin K yang mengaktifkan protein yang penting untuk kesehatan pembuluh darah.
Blueberry: Riset terbaru bahwa buah yang keunguan ini bluberry membaantu mempertajam daya ingat. Pada beberapa  riset terbukti bahwa pigmen  warna biru keunguan yang terdapat pada blueberry berperan untuk perubahan kognitif.

brokoli Brokoli :
sebut saja penyakit mematikan seperti kanker, jantung atau apa saja dan makan brokoli lebih banyak dan saksikan kehebatannya menumpas penyakit, demikian riset John Hopkins membeberkan. Jika rata-rata empat kali seminggu disajikan sayuran seperti brokoli, kol atau kembang kol maka resiko kematian berkurang 26% dari 6100 orang yang diteliti selama 28 tahun.
Paprika Merah: Meskipun yang terkenal mengandung banyak paprika vitamin C adalah jenis jeruk-jerukan tetapi sebenarnya paprika merah yang paling baik. Vitamin C baik untuk kulit san kekebalan tubuh. Peneliti di Inggris menemukan bahwa vitamin C yang diminum oleh 4025 wanita ternyata memberi efek berkurangnya keriput dan kulit kering. Vitamin C bukanhanya mekindungi dari flu tetapi bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat.
fig- Buah Figs:  Anda bakal terkejut jika tahu bahwa 6 buah fig segar mengandung 891 mg potassium, hampir 20% dari yang diperlukan tubuh sehari. Atau hampir dua kali dari yang terdapat pada pisang. Lima tahun terakhir pada studi di Belanda, diet potassium tinggi berkaitan dengan rendahnya tingkat kematian pada usia 55 tahun atau lebih. Fig merupkan sumber kalsium yang terbaik, per porsi (6 buah figs) sama dengan setengah cangkir susu bebas lemak.

Buah Leci:
Sebuah studi di Perancis yang diterbitkan Journal of leci Nutrition menemukan bahwa leci mempunyai kandungan polyphenol, peringkat kedua tertinggi atau hampir 15% lebih dari yang terdapat pada anggur. Kandungan ini memegang peran penting dalam mencegah penyakit degeneratif seperti kanker.
apel Apel : Apel merupakan buah yang harus dimakan atau sudah Anda makan untuk menjaga kesehatan. Pada Iowa Women's Health Study, yang meneliti kebiasaan sehat 34.000 wanita yang usianya hampir 20 tahun, menyebut apel sebagai satu dari 3 makanan yang paling efektif dalam mengurangi resiko kematian dari penyakit jantung pada wanita yang sudah menapouse. Penelitian lain mendapati bahwa buah ini mengurangi resiko kanker dan diabetes tipe 2 dan membantu para wanita menurunkan berat badan.

1 komentar:

superblogku mengatakan...

setuju sekali ,karena di zaman yang serba global ini gaya hidup masyrakat kita cenderung melupakan satu hal ini yakni makan sehat tetapi selalu berpola pada makan enak .Dalam artian makan enak belum tentu sehat>......jadi aku sangat setuju .....Thanks