Rabu, 21 Oktober 2009

Tauge goreng Tauco ala Malang..

Hari ini mumpung seharian di rumah mau turun ke dapur ah…masak apa ya ?….saya jadi teringat tauco Cianjur oleh-oleh dari seorang teman kantor..Saya memang penggemar tauco…semua masakan saya beri tauco.. ikan, sayur sampai nasi goreng juga… Di kulkas saya lihat ada tauge dan tahu..mie kering saya juga punya…langsung kebayang Tauge goreng Bogor yang sedap itu…tapi tidak punya oncom..tauge goreng kan pakai oncom ya..Tiba-tiba saya jadi teringat tempe kacang Malang yang mirip oncom..nah saya ganti saja oncom sunda dengan tempe kacang Malang…jadilah saya masak Tauge goreng tauco ala Malang ..he..he..saingan dengan Tauge goreng Bogor nih…mau coba ..? hmmm…yam..yam…deh..

tauge goreng

Bahan :

300 gr mie (rebus sebentar), tiriskan

250 gr tauge, siram air panas, tiriskan

6 buah tahu, goreng, potong dadu ukuran 2 cm

1 batang daun sledri, potong-potong halus

6 lontong atau ketupat

Kuah :

3 sdm minyak untuk menumis

2 sdm kecap manis

2 batang daun bawang, iris 2 cm

3 buah tomat, potong-potong

500 ml air

2 buah jeruk limau, ambil sarinya

Haluskan :

5 buah cabai merah

3 buah cabai rawit

5 umbi bawang merah

3 siung bawang putih

3 sdm tauco

1 potong tempe kacang Malang iris kecil-kecil

Garam secukupnya

Cara membuat :

* Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. 

*  Masukkan tempe kacang, tauco, kecap manis, daun  bawang dan tomat. Aduk rata.

*  Masukkan air dan sari jeruk. Masak sampai kental. Angkat.

* Siapkan piring , letakkan irisan lontong, tauge, mie, tahu, dan daun sledri.

* Siram dengan kuah. Sajikan. hmm…yam..yam..

Tidak ada komentar: