Minggu, 18 Januari 2009

Buku Olahan Cincau Hitam..


Masih tentang cincau hitam juga nih... Sudah lebih dari lima tahun terakhir ini saya menggeluti cincau hitam...(kok..menggeluti..sih ?!), tepatnya sangat tertarik dengan si hitam..kenyal ini. Proyek penelitian maupun pengabdian masyarakat banyak juga yang mengenai cincau hitam.. kenapa ya...? jawabnya tentu karena saya sangat..doyan si hitam ini..selain itu banyak alasan lainnya..dong ! Mau tahu ?
1. Cincau hitam ini makanan tradisional banyak dikenal..tapi gak disayang..,penelitian ttg cincau ini walau ada tetapi gak banyak lho..terutama di Indonesia
2. Cincau selain segar sebagai makanan..juga dipercaya berkhasiat sebagai obat..penelitiannya masih jarang sekali
3. Di luar negeri cincau hitam sudah menjadi komoditas yang selain punya nilai ekonomi juga menjadi bahan penelitian yang sangat menarik..
4. Potensi cincau hitam di Jatim sangat besar tapi belum dikelola dengan baik..
5. produk olahan cincau hitam masih sangat terbatas
Karena alasan-alasan itulah saya masih akan terus jatuh cinta..eh ..tertarik dengan si hitam yang berkhasiat ini....

Penelitian saya tentang cincau hitam
1. Pembuatan Bubuk Cincau Hitam Instan Pengaruh Penambahan Tepung Tapioka Dan Tahapan Prosesnya
2.Aktivitas antioksidan dan antibakteri cincau hitam dan cincau hijau
3. Minuman Fungsional Cincau hitam jahe
4. Karakteristik Komponen Pembentuk Gel Cincau Hitam
5.Effervescent Cincau Hitam dan cincau hijau
6. Potensi Cincau hitam sebagai prebiotik dan pewarna alami
7. ini yang akan saya teliti untuk Disertasi S3 adalah : Potensi cincau hitam sebagai immunomodulator dan Kemopreventif terhadap kanker

Pengabdian Masyarakat tentang cincau hitam
1.Rekayasa Proses dan Peralatan Pembuatan Gel Cincau Kemasan dan Cincau Instan pada Pengusaha Cincau Dinoyo (Vucer)
2.Pelatihan Produk Cincau Hitam dan Susu Kedelai pada Kader Pertanian Kabupaten Magetan (Kerjasama dengan Dinas Pertanian Kab. Magetan)
3.Peningkatan Nilai Ekonomi Janggelan Kering sebagai Produk Ekspor di Daerah Penghasil Janggelan Kabupaten Magetan (Iptek)
4.Pemberdayaan Usaha Kecil dan Deversifikasi Produksi Cincau Hitam
Sebagai Produk Makanan Unggulan Daerah Di Daerah Penghasil Janggelan Kabupaten Magetan (Ristek Insentif)

Penulisan Buku TTG tentang cincau hitam :
Olahan Cincau hitam terbitan Agrisarana 2007
dalam buku ini berbagai olahan cincau hitam yang mungkin bisa diproduksi untuk usaha disajikan secara lengkap tahapan prosesnya.yaitu : bubuk cincau hitam instan, Gel cincau hitam manis siap saji..(seperti jelly drink), Gel cincau kemasan plastik
silakan mendapatkannya di toko buku (Gramedia juga ada..)
Mohon maaf gambar pada cover buku ini adalah tanaman cincau hijau seharusnya tanaman janggelan/cincau hitam. Ini diluar kontrol saya sebagai penulis. Waktu itu saya sudah memberikan gambar tanaman janggelan tetapi mungkin dianggap gambarnya kurang baik kemudian diganti tanpa konsultasi dengan saya. Saya mengetahui setelah buku terbit...(mungkin karena ketidak tahuan antara tanaman cincau hijau dan cincau hitam..yaa..)

18 komentar:

Anonim mengatakan...

mbak saya coba pakai tepung tapioka koq hasilnya seperti jenang(lengket) sedangkan mau saya seperti jelly, mohon petunjuknya ...
thank's

Tri Dewanti Mubandrio mengatakan...

Tapiokanya kebanyakan, tapioka yang digunakan sekitar 30-40 gram setiap liter ekstrak janggelan

Anonim mengatakan...

Mbak aq mau tanya, buat bubuk cincau hitam perbandingan tapiokanya berapa banding berapa, dan tingkat kekentalan ekstrak cincau hitam seberapa (atau bisa dihitung leawt lama proses memasak nya). klo bs konsultasi langsung lewat e-mail Mba Tri. Tolong penjelasannya. Terama kasih sebelumnya.

Tri Dewanti Mubandrio mengatakan...

semuanya.. sebetulnya ada di buku saya "Olahan Cincau Hitam" . Kalau saudara tertarik dan belum mendapatkan di toko buku nanti saya kirim bukunya..Tolong identitas dan alamat saudara...
Trimakasih.

Anonim mengatakan...

Terima kasih mbak untuk tanggapan nya.
Sebenarnya saya sudah memiliki buku karangan mba ini dan saya sangat tertarik. Tetapi saya masih sangat penasaran, bagaimana cara membuat bubuk cincau hitam yang berkualitas baik, karena saya sudah pernah mencoba menerapkan teori yang ada di buku mbak.
Saya pingin skali konsultasi lebih luas lagi tentang masalah ini mbak. Dan klo bisa saya ingin konsultasi dengan mbak lewat e-mail.
Saya menyertakan alamat e-mail saya: zed_eye110@yahoo.co.id
Saya harap mbak bisa menghubungi saya lewat e-mail saya dan bisa konsultasi lebih banyak dengan mbak.
Terimah kasih banyak atas perhatian mbak.

Anonim mengatakan...

Terima kasih mbak untuk tanggapan nya.
Sebenarnya saya sudah memiliki buku karangan mba ini dan saya sangat tertarik. Tetapi saya masih sangat penasaran, bagaimana cara membuat bubuk cincau hitam yang berkualitas baik, karena saya sudah pernah mencoba menerapkan teori yang ada di buku mbak.
Saya pingin skali konsultasi lebih luas lagi tentang masalah ini mbak. Dan klo bisa saya ingin konsultasi dengan mbak lewat e-mail.
Saya menyertakan alamat e-mail saya: zed_eye110@yahoo.co.id
Saya harap mbak bisa menghubungi saya lewat e-mail saya dan bisa konsultasi lebih banyak dengan mbak.
Terimah kasih banyak atas perhatian mbak.

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas respon tanggapan Mbak Tri.
Terus terang saya sangat penasaran dan tertarik membuat bubuk cincau hitam ini. Sebenarnya saya sudah memiliki buku karangan Mbak Tri ini, bahkan sudah pernah mencoba membuat bubuk cincau hitam ini lewat teori dari buku karangan Mbak ini, akan tetapi kurang berhasil. Oleh karena itu saya sangat ingin berkonsultasi dengan Mbak Tri lebih jauh lagi kalau diperkenankan. Dengan ini saya menyertakan alamat e-mail saya agar bisa lebih leluasa berkomunikasi dengan Mbak Tri.
Terima kasih atas perhatiannya.

Oktovian Lamba P.A
Jl.Perumnas, Sleman Jogjakarta
E-mail : zed_eye110@yahoo.co.id

Anonim mengatakan...

mbak, kalau untuk membuat cincau hitam yang keras itu bagai mana?
saya pake tepung hunkwe tapi gak bisa keras seperti yang dipasar2.
hasilnya malah seperti agar2.
saya tunggu kabarnya ya.
jawabanya tolong dikirim ke email saya saja.
terimakasih,

cah-nom2@telkom.net.

Anonim mengatakan...

Saya sudah praktekkan TEPAT seperti apa yg tertulis dalam buku mbak, tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan, lengket, lembek, mirip jenang..

Tri Dewanti W Mubandrio mengatakan...

wah..kesal ya blum berhasil spt yg diinginkan...memang bikin gel cincau hitam gampang2 susah dik...apalagi klo baru pertama jarang yg jadi sama spt saya jg dulu..karena bnyk faktor yg mpengaruhi kberhasilan tdk sama persis..contohnya bahan baku simplisia janggelan..yg berasal dari magetan dan ponorogo/pacitan berbeda lho..penanganannya pada ekstraksinya..(perebusan) blum lg pe+ abu qi or pH (+ NaOH) n p+ tapiokanya..tapioka bisa juga diganti karagenan atau jelli.. lebih keras gelnya spt yg dijual di supermarket..percaya deh..dgn sering coba2 nanti akan nemukan formulasi sendiri...

Anonim mengatakan...

mbak, setelah susah payah saya mendapatkan buku anda ternyata hasilnya jauh yang saya bayangkan. hasilnya masih seperti saat saya sebelum membeli buku anda. saya mengginginkan hasilnya itu seperti yang ada dipasar2 tradisional. keras. kira2 apanya yang salah? janggelan saya belinya di purbalingga.

terimakasih..

Tri Dewanti W Mubandrio mengatakan...

Blum berhasil ya..faktor janggelan juga pengaruh lho.. saya pernah coba janggelan dari Magetan dan Ponorogo hasilnya beda tingkat ketegaran gelnya..faktor perebusan juga..ada jenis janggelan yg butuh waktu perebusan hingga 2 jam. Coba2 saja ..nantikan menemukan formula yg pas..

Anonim mengatakan...

bu, saya lagi tertarik dengan masalah prebiotik. seberapa potensi cincau hijau dan hitam sebagai sumber prebiotik ? apa nama zatnya ya ? oligisakarida yang spt di ubujalarkah ? makasih telah berbagi ilmu. oya Bu, gmn cara dpt buku Ibu, karena saya sdh hunting di gramedia tp ga dpt.

bobi.ra mengatakan...

apakah yg dimaksud dngn abu Qi atw nama lainya mbak???/ tlng kirim ke e mail ..{bobi.fergie@gmail.com}

Tri Dewanti W Mubandrio mengatakan...

Bagi yg ingin mdptkan buku Olahan Cincau Hitam mungkin di Gramedia sdh habis stoknya yaa..silakan hub :
Trubus Agrisarana
Jl Tenggilis Tengah I Blok K?26
Kendang Sari-Surabaya
Telp. 0318418827 Fax.0318420728
Email. redaksi_tas1@yahoo.co.id
-Prebiotik pd cincau hitam termasuk golongan hidrokoloid = gum golongan polisakarida juga diantaranya oligosakarida spt yg ada pada ubi jalar tetapi lebih kompleks lagi
- Abu qi = garam mineral campuran dari berbagai mineral..dpt dibeli di toko kimia Abu Qi dpt diganti dengan NaOH untuk pH 11

bobby ra mengatakan...

ko kita pake air abu qi berapa liter air abu takaranya dalam 1kilo cincau kering mbak..masalahny ditempat susah mndapatkan abu qi yg bentuk padatya,,,trims

dedy mengatakan...

selamat mlm bu..
sy seorg mhs yg ingin meneliti ttg khasiat cincau hitam (Mesona palustris) namun sy kesulitan untuk mendapatkan teorinya...melihat byknya penelitian ibu mengenai cincau hitam maka saya berniat untuk meminta petunjuk dari ibu...

Anonim mengatakan...

asalammualaikum bu.
saya seorang mahasiswa dr medan, saya mw tanya ttg cincau hitam, saya mw ada beberapa penelitian ttg pembuatan bubuk cincau, apakah perlu y kita memakai etanol setelah dapat filtrat cincau ny???
makasih sebelumnya bu...